KUMPULAN CATATAN RAPAT SD ISLAM IMAM
SYAFI’I JEMBER
... I I I ...
A)
VISI DAN MISI SD ISLAM IMAM SYAFI’I
V I S I
::
Membangun
karakter cinta Sunnah dan berakhlak mulia
M I S I
::
·
Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Ta’ala tauhid
yang kuat dan semangat dalam Sunnah
·
Menumbuhkan anak didik untuk cinta Al-Quran
----------------------
B)
STRUKTUR ORGANISASI SD ISLAM IMAM SYAFI’I
Kepala
Sekolah: Jusron Permana
Komite:
Yayasan: Drs. Umar Jawwas
Koordinator:
Dr. M Nur Ihsan, MA (guru ikhwan),
Ibu Rahmah (guru akhwat).
Waka
kurikulum: Ainul Latifa.
Waka
kesiswaan: Marjan,
Bendahara: Pak Rubintar.
Bendahara
BOS: Pak Sebtian, SPd
Tata
Usaha: Firman ( ) , Kusnadi (Administrasi).
Sarpras: Pak Bintar.
Humas: Pak Rubintar.
I. Ustadzah
Cholifah
II.
Ustadzah An-Nisa
Perpus: I. Cholifah II. Ani Mubaenah
Wali
Kelas
·
Kelas I: Purwaningsih (putra), Emi Yuli E
(putri).
·
Kelas II: Bu Nurul (putra),
Mustika (putri).
·
Kelas III:
Bu Ira
·
Kelas IV: Rohimah
·
Kelas V: Cholifah
·
Kelas VI: Ainul Latifa
---------------------------
C)
KRETERIA KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN KLS VI
Pembukaan:
·
Rapat Kenaikan kelas dan kelulusan ini semestinya
dilakukan jauh-jauh waktu sebelum Ujian Akhir Sekolah dilaksanakan.
·
(Menurut aturan): Masing-masing sekolah atau lembaga
harus memiliki kreteria kenaikan kelas dan kelulusan kelas Enam.
Kreteria
Kenaikan Kelas:
·
I. Nilai Standar (KKM):
Penentuan KKM berdasarkan beberapa pertimbangan (rapat
susulan).
Untuk saat ini, minimal disamakan dengan tahun lalu.
·
II. Kepribadian /sikap:
Kategori A:
siswa tidak memiliki kasus pelanggaran pada catatan Kesiswaan maupun catatan
harian.
Kategori B:
siswa tidak memiliki kasus pelanggaran pada catatan Kesiswaan.
Kategori C:
siswa memiliki kasus pada catatan Kesiswaan maksimal empat.
Kategori D:
siswa memiliki kasus pada catatan Kesiswaan lebih dari empat.
·
III. Kehadiran di Kelas:
Kehadiran di
kelas minimal 80%.
### Untuk
tahun ajaran ini, peserta didik dikatakan lulus bila nilai KKM cukup (sesuai
tahun lalu) dan memiliki nilai kesopanan mnimal C.
--------------------------
D)
KOORDINASI SDI IS BERSAMA KOORDINATOR SD
A- Meringkas
materi diniah agar tidak terulang.
B-
Menjadikan simpel matapelajaran diniah yg terkesan sulit seperti bahasa arab
dll. (
C- Bagaiman
jika semua pelajaran diniah dijadikan satu mata pelajaran, yaitu: PAI.
“usulan”.
-Koordinator perwakilan yayasan (Ibu
Rahmah)-
Kepala
Sekolah:
*sampaikan
hasil rapat waktu lalu:
Bahasa Arab
pakai Durusul lughoh jilid satu saja.
Jam tahfidz
akan ditambah.
PERINCIAN:
::Bahasa
arab::
·
Kertas A4 (Pont diperbesar)
·
Jilid satu dijadikan empat kelas.
::Tahfidz::
·
Penambahan Jam tahfidz.
·
Peserta didik dimaksimalkan (mengasah keterampilan
menulis denan menulis surat-surat hafalan mereka) agar usai setoran hafalan
waktu tidak kosong dan berlalu sia-sia.
·
Apakah guru tahfidz sudah siap.
---------------------------
E) FORMASI GURU SD
A) Menetapkan para pengajar.
B) Penetapan posisi (devisi).
C) Kurikulum dan pengajar.
I. Data Guru:
>> Guru Laki-laki :
1.
Haeruman Santri
2.
Seftian
3.
Haidir Al-Atthas
4.
Marjan Husairi
5.
Wawan Iswanto
6.
Jusron Permana
>> Guru Wanita :
1.
Ainul Latifa
2.
Kike sri
3.
Nisa kumanireng
4.
Hanifah
5.
Cholifah
6.
Bu Silmi
7.
Emi Yuli Esti
8.
Purwaningsih
9.
Ani Mubaenah
10. Dewi Umu Lathifa
11. Anik
12. Mustika Isnaini
II. Posisi jabatan (Devisi):
III. Materi dan Pengajar:
1.
Haeruman (Bahasa Arab dari
kelas tiga 34)
2.
Seftian (22)
3.
Haidir
4.
Marjan
5.
Wawan Iswanto
6.
Jusron Permana
>> Kelas 3 dan
4... satu kelas satu guru, Kecuali B. Arab.
_____________
Rapat Formasi Guru Diniah SD Islam imam Syafii
Dihadiri oleh: Kepsek, Abu Yasir, Haeruman, Pak Erwin,
Marjan dan Haidir.
·
7-8 Juni workshof
admnistrasi pengajaran.
·
18 juli Tahun ajaran baru.
·
Pengalaman: hukuman bagi
anak sd Yg efektif adalah tidak boleh jajan.
·
·
Pembagian guru diniah
kelas: (Marjan 3 dan 4) sedangkan (Haidir 5 dan 6). `masih dirapatkan... sesuai
penglaman Ust. Erwin.
-
Dari segi akademis: permata
pelajaran. Ust. Erwin, Ust. Hedi
-
Dari segi koordinasi:
sesuai kelas.
___________________
F)
KEGIATAN AKHIR SEMESTER II
I. Classmeeting:
·
Ketua: Pak Haeruman
·
Waktu: 26, 27, 28 mei.
·
Pembagian:
Kelas bawah: tidak dibagi. -buk Tika dan buk Dewi-
Kelas atas: di bagi dua (dipisah laki perempuan). -laki pak
Wanto, perempuan buk Ari dan buk Nisa-
·
Konsumsi: Pak Erwin
II.
Rekreasi:
A) Rekreasi Kelas Enam:
·
Ketua: buk Ainul (sekaligus pengurus)
·
Waktu: 29 mei
·
Tujuan: Pasir Putih Situbondo.
B) Rekreasi Kelas 1-5:
·
Ketua: Pak seftian
·
Waktu: Selasa, 31 Mei
·
Tempat: Glantangan
·
Sarpras: Pak Rubintar
·
Acara:
-Laki-laki: Haeruman
-Perempuan: buk Kike
·
Tinjau lokasi: pak Erwin dan pak Seftian
III.
Baksos:
·
Ketua: Pak erwin
·
Bendahara: Buk Rohimah
·
Seksi Acara: Pak Hedi Sumantri
·
Waktu: Kamis, 02 Juni 2016
V.
Perpisahan Kelas Enam:
·
Ketua: Pak Haeruman
·
Waktu: 4 juni
·
Sarpras: Pak Nurman dan Firman
·
Konsumsi: buk Silmi
·
Penanggung jawab: Kelas enam buk ainul, kelas bawah
buk kike
·
Acara:(panggung dan terop) Sambutan, bagi raport, bahasa
Arab, bahasa Inggris, puisi dll.
·
Peserta: Murid dan Wali murid
--------------------------
G)
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
a.
Manfaat:
·
Sebagai acuan guru.
·
Sebagai pemetaan target
belajar.
·
Sebagai Kontrol alur
belajar mengajar.
·
Mempermudah Evluasi.
Perangkat pembelajaran:
·
PROGRAM PEMBELAJARAN
(PROTA)
I- Standar Koetensi (SK):
Standar kemampuan minimal peserta didik yg meliputi penguasaan konsep,
sikap, pengetahuan dan keterampilan yg diharapkan akan dicapai pada setiap
semester.
II- kopetensi dasara (KD):
Acuan baku yg harus dicapai dan berlaku secara nasional.
Catatan:
Umum: ikut diknas. Diniah: buat sendiri oleh guru-guru
diniah. (Apakah mengikuti kurikulum yang ada atau membuat acuan kemudian
berusaha mencari atau membuat kurikulum yang ada?).
·
PROGRAM SEMESTER (PROMERS)
·
JURNAL HARIAN
PEMBELAJARAN
Catatan:
Mengacu pada
Program semester.
Per-mata
pelajaran (agar mempermudah).
·
JURNAL KELAS
·
RRP
Dibuat
per-KD
---------------------------
H) KRITIK DAN SARAN PARA GURU
A) Pencapaian
target tahfidz tahun lalu, ditujukan kepada guru tahfidz.
B) Haedir dialihkan
ke tahfidz, pertimbangan pengaaman.
C) Minimal dan
maksimal jam mengajar.
D) Hak dan
kewajiban guru/karyawan.
E) Tata tertib
siswa diperjelas.
F) Kedisiplinan
waktu, jam karet apa tidak?
G) Kebersihan, demi
ketentraman besama.
H) Apel senin
I)
Jam mengajar jangan terlalu banyak
J) Hormati bawahan
dan percayai dia
K) Evaluasi setiap
momen,
L) Undangan Yg
melibatkan orang luar harap dipikirkan dan disiapkan lebih matang sebagai tata
krma.
M) Koordintor
diniah harap dimksimalkan lagi karena mengingat tujuan awal pembangunan sekolah
kia.
N) Memberi tugas
bila berhalangan sebagai bentuk tanggung jawab
O) Hadiah bagi anak
berakhlak muia
P) Pakai sepatu
ketika datang, saat di sekolah dan pulang
Q) Pengawasan
kantin atau kopersai
R) Minta maklum
karna membawa anak ke sekolah
S) Parkiran motor
para guru, yg sekarang panasa sekali
T) Target tahfidz,
kuatkan hafalan anak (mutqin).
U) Tata tertib guru
ditekankan lagi
V) Jam motivasi
pagi harap aktifkan kembali
Oleh :
Haeruman Santri
Casino in Washington State | DRMCD
BalasHapus› gaming › dmd 포항 출장안마 › games › gaming › dmd › games DMB Announces First 사천 출장마사지 Launch of Casino Resort in Washington State, including the 제천 출장마사지 launch of 삼척 출장마사지 the casino resort in Washington State. 포항 출장마사지