Breaking News
Loading...
Rabu, 04 Januari 2017

PULUHAN MANFAAT TANAMAN BIDARA

20.12


TANAMAN BIDARA


Bidara merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia terlebih ummat muslim, semenjak zaman dahulu tanaman ini sudah dikenal akan kaya manfaatnya, bahkan nabi Muhammad -Shallallahu ‘alaihi wasallam- pun menganjurkan ummatnya agar memanfaatkan tanaman tersebut.

Nah, mungkin akan timbul sebuah pertanyaan dibenak Anda mengenai apa saja sih manfaat tanaman bidara itu? demi menjawab rasa penasaran tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai manfaat dan khasiat daun bidara ini. Selamat membaca...!

A) UNTUK MENGOBATI GANGGUAN SIHIR DAN JIN
Daun bidara bisa digunakan sebagai media pengusir pengaruh jin jahat. Berikut ini cara mengobati gangguan jin dan juga sihir dengan menggunakan daun bidara:

I) Siapkan 7 lembar daun bidara.
II) Tumbukkan daun bidara tersebut hingga halus.
III) Lalu masukkan daun bidara Yg sudah halus tadi ke wadah berisi air (air Yg ditambahkan usahakan cukup untuk mandi).
IV) Bacakan ayat-ayat Al-quran dan doa, terutama bacaan-bacaan Yg digunakan untuk meruqyah.
V) Minumlah air tadi tiga kali tegukan kemudian gunakan juga untuk menghusap badan atau mandi.

>> Imam Ibnu Katsir  -Rahimahullah- saat menafsirkan surah al-Baqarah, ayat 102 (yang bercerita mengenai fitnah setan kepada nabi Sulaiman) menyebutkan bahwa untuk mengobati sihir, Insya Allah sebaiknya kita mengambil 7 helai daun bidara, kemudian ditumbuk halus, lalu dicampurkan tumbukan daun tersebut dengan air, dan dibacakan ayat kursi, surat al-Falaq dan ayat-ayat lain yang bisa mengusir setan.

>> Wahb bin Munabbih (Seorang Tabi’in Yg memiliki keahlian dalam ilmu kesehatan / kedokteran) menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar dau bidara yang sudah dihaluskan. Kemudian larutkan dalam air dan bacakan ayat Kursi, Surat al-Kafirun, surat al-Ikhlas, surat al-Falaq dan surat an-Nas. Selengkapnya lihat Mushannaf Mu’ammar bin Rasyid 11/13.

>> Seorang ulam besar dan ternama, Imam Ibnu Baz –Rahimahullah-  juga menjelaskan cara pengobatan sihir dengan menggunakan daun bidara, beliau mengatakan:

ومن علاج السحر بعد وقوعه أيضا وهو علاج نافع للرجل إذا حبس من جماع أهله أن يأخذ سبع ورقات من السدر الأخضر فيدقها بحجر أو نحوه ويجعلها في إناء ويصب عليه من الماء ما يكفيه للغسل , ويقرأ فيها آية الكرسي و ( قل يا أيها الكافرون ) و ( قل هو الله أحد ) و ( قل أعوذ برب الفلق ) و ( قل أعوذ برب الناس …

Diantara cara mengobati sihir – dan ini obat yang manfaat untuk para suami yang terhalangi sehingga tidak bisa berhubungan badan dengan istri akibat sihir– dia bisa mengambil 7 lembar daun bidara hijau, kemudian ditumbuk dengan batu atau semacamnya, lalu ditaruh di ember, kemudian dicampur air yang cukup untuk mandi. Kemudian dibacakan ayat kursi, al-kafirun, al-ikhlas, al-falaq, an-Nas…. (beliau menyebutkan beberapa ayat lainnya). (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 3/279)

>>Kemudian Syaikh Abdullah Aljibrin juga menerangkan,
وكذا رَقَيْتُ على بعض الأقارب أو الأحباب الذين حبسوا عن نسائهم ، بما ذكره ابن كثير من ورقات السدر ، وقراءة الآيات التي ذكرها ، فوقع الشفاء بإذن الله

Demikian pula, saya pernah meruqyah anggota keluarga dan orang-orang dekat saya yang tidak bisa melakukan hubungan dengan istrinya karena sihir. Saya ruqyah dengan menggunakan beberapa lembar daun bidara seperti yang disebutkan Ibnu Katsir, dan membacakan beberapa ayat al-Quran, dan dengan izin Allah, sembuh.  (as-Shawaiq al-Mursalah fi at-Tashaddi lil Musya’widzin wa as-Saharah)



B) BERSUCI BAGI MUALLAF (ORANG KAFIR YANG HENDAK MASUK ISLAM)

Hal ini dijelaskan dalam hadits Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu,


أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara).” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

C) MEMANDIKAN JENAZAH 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan Ummu ‘Athiyah dan para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya, Nabi –Shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:


اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu. (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939).

D) BERSUCI BAGI WANITA HAID

“Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwa “Asma' bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang mandi wanita haidh. Maka beliau bersabda, "Salah seorang dari kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya...."(HR. Bukhari no. 314 dan Muslim no. 332)


Dalam riwayat lain "Salah seorang di antara kalian (wanita haidh) mengambil air yang dicampur dengan daun bidara lalu dia bersuci dengan memperbaiki kesuciannya. Kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya seraya menggosoknya dengan gosokan yang kuat sampai air masuk ke akar-akar rambutnya, kemudian dia menyiram seluruh tubuhnya dengan air. Kemudian dia mengambil secarik kain yang telah dibaluri dengan minyak misk lalu dia berbersih darinya." 'Aisyah berkata, "Dia mengoleskannya ke bekas-bekas darah."(HR. Muslim)

Kemudian dalam riwayat Abu Daud disebitkan juga bahwa Asma’ -Radhiyallahu anha- pernah bertanya kepada Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tentang cara mandi selepas haid, Maka Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- menyuruhnya agar membersihkan sisa darah haid menggunakan bidara.

تَأْخُذُ سِدْرَهَا وَمَاءَهَا فَتَوَضَّأُ ثُمَّ تَغْسِلُ رَأْسَهَا
“Hendaklah wanita itu mengambil daun bidara dicampur air, lalu berwudhu kemudian mencuci kepalanya…” (HR. Abu Daud 314 dan dishahihkan al-Albani)

Selain manfaat di atas, berikut ini kami cantumkan  manfaat lain dari tanaman bidara:
[1] Bisa dimakan, dijadikan manisan dan jus. [2] Mengobati luka gores atau luka bakar. [3] Bisa menjadi masker kecantikan: Menghilangkan jerawat, untuk wajah kriput . [4] Mengatasi gejala depresi. [5] Mencegah diabetes. [6] Meningkatkan nafsu makan. [7] Mengandung antibakteri dan antivirus. [8] Mengandung antioksidan cukup tinggi. [9] Obat sakit lambung. [10] Obat sariawan. [11] Memperbaiki sel tubuh rusak. [12] Mengatasi masalah kewanitaan (haid dan keputihan). [13] Mengatasi ejakulasi dini. [14] Bisa dibuat sebagai shampo penguat rambut.  [15] Bisa dijadikan sabun.

Inilah beberapa manfaat tanaman bidara dan tentu tidak terbatas pada tulisan ini, karena terdapat juga puluhan manfaat lain Yg tidak kami sebutkan pada tulisan ini. Dan bagi anda peminat manfaat tanaman bidara maka anda bisa mendapatkan dalam bentu kemasan botol kapsul, kemasan sabun, atau kemasan botol sampho karena sudah diproduksi. Anda juga bisa memiliki tanaman bidara dalam bentuk bibit (Yang masih berbentuk biji maupun sudah tumbuh). Semoga bermanfaat, Wassalamu ‘alaikum.


____________________
Jember, Rabu 4 Januari 2017

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer