Breaking News
Loading...
Kamis, 12 Januari 2017

Jangan Asal Bergabung Ke Group Medsos

16.38

Jangan Asal Bergabung Ke Group Medsos


Tidak kita pungkiri bahwa keberadaan group-group dakwah online seperti group WhatsAap dan yang lain sangat membantu dalam mempelajari ilmu dien (Agama) berupa nasehat dan motifasi islami, terlebih bagi Kwala muda Yang terus haus akan ilmu agama, ditambah lagi kesibukan karena aktifitas harian yang hampir full mengisi hari-hari kita sehingga tidak memiliki waktu banyak untuk menghadiri majlis ilmu secara langsung maka keberadaan group-group dakwah tadi seakan menjadi solusi akan hal ini.

Dari beragam kemasan indah sajian islami group-group tadi tentu beragam manfaat pun juga bisa diperoleh, sehingga melahirkan energi-energi positif yang membantu kita untuk berbenah diri dan berani melangkah ke depan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Dari materi pelajaran hukum-hukum islam yang menyangkut mu'amalah sehari-hari tidak sedikit anggota group yang mengambil pelajaran dan mulai memperbaiki mu'amalah mereka sedikit demi sedikit.

Dari Kisah inspiratif islami yang dishare di group, juga telah menjadikan banyak anggota group terinspirasi dan mengambil keteladanan dari pemilik kisah sehingga dia menjadi semakin semangat dalam beribadah dan berbudi pekerti luhur.


Dari nomer-nomer handphon pemilik akun yang ada di dalam group sejumlah anggota pun menjadikan ini sebagai peluang untuk mencari teman baik nan shaleh, sehingga pertukaran pendapatpun terjadi, saling memberi nasehat, saling menguatkan dan menyemangati untuk berbuat baik, dan lebih istimewa lagi yaitu tidak sedikit dari anggota group yang tidak mencukupkan pertemanan mereka sebatas dunia maya melainkan mereka pun menjadi teman dunia nyata karena Allah.

Dan tentunya, banyak lagi manfaat lain yang tidak mampu kita batasi dan sebutkan semua. Walillahil Hamd, segala puji bagi Allah.

Namun...!?
Dibalik sekian manfaat yang ada, terdapat hal penting yang perlu anda perhatikan...!

Apakah itu...?
*"Jangan asal masuk dan bergabung ke suatu group"*

Melainkan anda harus tau beberapa hal sebelum bergabung, diantaranya: *Anda perlu tau siapa pembina atau pengisi materi group. Apakah pengisi materi dan materi yang disampaikan sesuai dengan Sunnah ?! Dan jika tidak tau maka bertanyalah terlebih dahulu sebelum bergabung. Karena ini ada kaitannya dengan materi yang akan anda peroleh, sebab dalam mengambil ilmu kita harus memilah dan memilih, ambil yang benar dan jauhkan yang salah, sebab setiap ilmu yang kita ambil akan menjadi amal kita bahkan juga darah daging kita.

Seorang Ulama' terkemuka dari kalangan Tabi'in, Muhammad bin Sirin mengatakan:

إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم

"Sesungguhnya ilmu ini adalah agama, maka lihatlah dari siapakah kalian mengambil agama kalian" [Diriwayatkan oleh Muslim dalam muqaddimah kitab Shahih-nya]

Peringatan yang diberikan oleh para ulama ini (bahwa ilmu agama ini tidak boleh dituntut dari sembarang sumber) tercermin dalam pesan Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam kepada Ibnu 'Umar radliyallaahu 'anhuma :


يا بن عمر دينك دينك انما هو لحمك ودمك فانظر عمن تأخذ خذ عن الذين استقاموا ولا تأخذ عن الذين مالوا

"Wahai Ibnu 'Umar, agamamu ! agamamu ! Ia adalah darah dan dagingmu. Maka perhatikanlah dari siapa kamu mengambilnya. Ambillah dari orang-orang yang istiqamah (terhadap sunnah), dan jangan ambil dari orang-orang yang melenceng (dari sunnah)" [Al-Kifaayah fii 'Ilmir-Riwayah oleh Al-Khathib pada Bab 'Maa Jaa-a fil-Akhdzi 'an Ahlil-Bida' wal-Ahwaa' wa Ihtijaaj biriwayaatihim']

Demikianlah nasehat yang bisa kami berikan teruntuk diri kami dan segenap saudara muslim kami, agar kita sama-sama memahami bahwa kewajiban kita bukan sekedar menuntut ilmu atau belajar agama melainkan juga yang merupakan tugas kita adalah memilah dan memilih ilmu dan sumber kita mendapatkan ilmu tersebut. Semoga bermanfaat. Aamiin

Wallahu A'lam bisshawab.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer